Wednesday 25 May 2016

MIE INSTAN YANG MENDUNIA

Photo; Fanspage Indomie
Siapa yang tidak kenal dengan brand mie instan pertama yang ada di Indonesia, Indomie. Mie yang di produksi oleh PT Indofod CBP Sukses Makmur Tbk ini memproduksi mie nya pertama kali pada tahun 1969. Hingga saat ini indomie sudah menyebar luas hingga ke 100 negara yang ada di dunia. Tidak hanya terkenal di negara Indonesia, mie instan indomie inipun terkenal di negara Nigeria. Saking populernya indomie di salah satu negara di Afrika bagian barat, mie asli asal Indonesia ini sering kali di anggap oleh warga negara Nigeria bahwa indomie adalah mie buatan asli Nigeria dan dilansir menjadi makanan pokok di negara yang termasuk 25 negara penghasil minyak terbesar di dunia.

dong guk (mahasiswa)
Di Korea pun Mie Indomie sudah tidak asing lagi, warga negara Indonesia yang berada di Korea dan ingin menyantap mie instan ini tetap bisa menikmatinya. Selain harganya yang terjangkau, cita rasa mie nya yang benar-benar sesuai dengan cita rasa lidah nusantara menjadi salah satu alasan mie indomie tetap berada di hati para pencinta mie. Tetapi dikarenakan sudah di jual di Korea, cita rasa mie berubah kearah oriental karena menyesuaikan dengan cita rasa orang korea. Walaupun begitu mie Indomie tetap dicari oleh para TKI dan mahasiswa yang tinggal di Korea. Mie Indomie dapat dibeli di Asia Mart maupun Homeplus dengan harga (600 won).
Top Brand Indeks Fase 1 tahun 2016 untuk kategori Mie Instan dalam Kemasan Bag posisi pertama diraih oleh Indomie sejumlah 78,7% di susul pesaingnya yaitu Mi Sedap sebesar 12,5% . Tak heran bahwa Indomie sudah menjadi Brand Image yang tinggi di mata penikmatnya. Terbukti setiap kita membeli mie instan,  yang dikatakan pertama kali bukan kata “mie” nya melainkan merk “Indomie”-nya, walaupun yang dibeli bukan mie instan merk indomie.
 
baca juga; GAK ADA INI GAK ENAK MAKAN

photo; ITCP Busan
Salah satu faktor yang mempengaruhi Citra Merk adalah komunikasi pemasaran yang tepat yang diterapkan oleh produk mie instan indomie. Selain menggunakan iklan melalui media cetak dan elektronik, instalasi iklan billboard yang meluas, serta mensponsori berbagai acara. Setiap festival yang di adakan di Korea yang bertujuan menarik perhatian masyarakat lokal maupun masyarakat asing. Indomie selalu ikut serta untuk berpartisipasi, seperti pada  acara festival Global Gathering 2016 yang di adakan di Busan (16/21), stand Indonesia membagikan mie indomie secara gratis yang menjadi daya tarik tersendiri. Hal inipun menjadi strategi pasar Indomie untuk tetap eksis di era yang sudah memasuki era global bisnis.


No comments:

Post a Comment