Photo; Fanspage Indomie |
Siapa yang tidak kenal dengan brand mie instan pertama yang ada di Indonesia, Indomie. Mie yang
di produksi oleh PT Indofod CBP Sukses Makmur Tbk ini memproduksi mie nya
pertama kali pada tahun 1969. Hingga saat ini indomie sudah menyebar luas
hingga ke 100 negara yang ada di dunia. Tidak hanya terkenal di negara
Indonesia, mie instan indomie inipun terkenal di negara Nigeria. Saking
populernya indomie di salah satu negara di Afrika bagian barat, mie asli asal
Indonesia ini sering kali di anggap oleh warga negara Nigeria bahwa indomie
adalah mie buatan asli Nigeria dan dilansir menjadi makanan pokok di negara
yang termasuk 25 negara penghasil minyak terbesar di dunia.
dong guk (mahasiswa) |
Di Korea pun
Mie Indomie sudah tidak asing lagi, warga negara Indonesia yang berada di Korea dan ingin menyantap mie instan ini tetap bisa menikmatinya. Selain
harganya yang terjangkau, cita rasa mie nya yang benar-benar sesuai dengan
cita rasa lidah nusantara menjadi salah satu alasan mie indomie tetap berada
di hati para pencinta mie. Tetapi dikarenakan sudah di jual di Korea, cita
rasa mie berubah kearah oriental karena menyesuaikan dengan cita rasa orang
korea. Walaupun begitu mie Indomie tetap dicari oleh para TKI dan mahasiswa
yang tinggal di Korea. Mie Indomie dapat dibeli di Asia Mart maupun Homeplus
dengan harga (600 won).
Top Brand Indeks Fase 1 tahun 2016 untuk
kategori Mie Instan dalam Kemasan Bag posisi pertama diraih oleh Indomie
sejumlah 78,7% di susul pesaingnya yaitu Mi Sedap sebesar 12,5% . Tak heran
bahwa Indomie sudah menjadi Brand Image yang
tinggi di mata penikmatnya. Terbukti setiap kita membeli mie instan, yang dikatakan pertama kali bukan kata “mie”
nya melainkan merk “Indomie”-nya, walaupun yang dibeli bukan mie instan merk
indomie.
photo; ITCP Busan |
Salah satu faktor
yang mempengaruhi Citra Merk adalah komunikasi pemasaran yang tepat yang
diterapkan oleh produk mie instan indomie. Selain menggunakan iklan melalui
media cetak dan elektronik, instalasi iklan billboard yang meluas, serta
mensponsori berbagai acara. Setiap festival yang di adakan di Korea yang
bertujuan menarik perhatian masyarakat lokal maupun masyarakat asing. Indomie
selalu ikut serta untuk berpartisipasi, seperti pada acara festival Global Gathering 2016 yang di adakan di Busan (16/21), stand
Indonesia membagikan mie indomie secara gratis yang menjadi daya tarik
tersendiri. Hal inipun menjadi strategi pasar Indomie untuk tetap eksis di era
yang sudah memasuki era global bisnis.
No comments:
Post a Comment