Friday 27 May 2016

GAK ADA INI GAK ENAK MAKAN

kimchi
Korea lagi Korea lagi, tak bosan mendengar kata Korea. Indonesia?  Iyalah mereka sedang tergila-gila “ALL ABOUT KOREA, EVERYTHING”. Drama, musik, artis, boy band, sekolah, liburan, termasuk makanan. Makanan khas Korea yang menjadi makanan wajib yang harus ada di meja makan dari abad ke-7 ini di nobatkan sebagai makanan paling sehat di dunia oleh beberapa majalah dan ahli kesehatan. Ada 100 lebih macam kimchi di Korea saking banyaknya orang Korea asli pun tidak bisa menyebutkan satu persatu jenisnya. Sehingga terdapat museum kimchi yang beralamat di 35-4, Insadong-gil, jongno-gu, Seoul.
 
Vitamin yang terdapat di dalam Kimchi diantaranya vitamin A, tiamin (B1), riboflavin (B2), kalsium, zat besi, dan mengandung asam laktat yang bermanfaat bagi tubuh. Bau menyengat dan rasa asam yang kurang disukai oleh beberapa orang yang tidak tinggal di Korea adalah hasil dari bakteri lactobacillus yang sebenarnya bermanfaat untuk pencernaan dan meningkatkan sistem metabolisme tubuh, dan menurunkan tekanan darah. Makanan ini pun cocok untuk orang yang sedang melakukan diet, karena kimchi dapat membantu menurunkan berat badan. Selayaknya makanan berfermentasi akan berbau seperti demikian. Makanan berfermentasi seperti kimchi menjadi makanan sumber probiotik yang sangat baik. Probiotik mampu menjaga tubuh tetap sehat dan mampu membantu melawan infeksi.

Pada saat Asia terjangkit wabah SARS tahun 2003 lalu, Korea lah negara teraman. Walaupun ada yang terserang virus mematikan ini, akan segera cepat kembali pulih. Hal ini dilansir karena kimchi yang selalu dimakan oleh orang korea setiap harinya. Walauapun tidak ada penelitian yang mendukung akan hal tersebut tetapi penjualan kimchi naik 40% pada saat itu.
 
Menurut penelitian di Seoul National University Korea Selatan menemukan bahwa ayam yang terjangkit virus H5N1 yang dikenal dengan virus flu burung, berangsur pulih ketika memakanan bakteri yang terkandung pada kimchi. Pada bulan Mei 2009, Korea Food Research Institute, mereka telah melakukan studi kepada 200 ekor ayam, dan hasil yang ditemukan mendukung teori bahwa kimchi meningkatkan kekebalan ayam terhadap virus. Tetapi jangan memakan kimchi secara berlebihan pula, karena menurut study yang dilakukan di Korea Selatan pada tahun 2005, mengungkapkan bahwa memakan kimchi berlebihan akan berpotensi kanker lambung, terutama pemilik gen-gen tertentu.
 
 
kimchi kemasan di hypermart
Bagi penikmat kimchi khas Korea di Indonesia, saat ini sudah marak kimchi kemasan yang dijual di beberapa supermarket. Citra rasa? Jangan khawatir. Salah satu produk kimchi kemasan yang dijual di supermarket adalah hasil racikan dari orang korea sendiri, yang berasal dari Kota Busan. Silahkan dicoba dan dinikmati.

1 comment: