Wednesday 25 May 2016

MINAT KERJA KE KOREA SEMAKIN MEMBLUDAK


pekerja indonesia di kota gimhae korea selatan
Warga negara Indonesia yang memiliki minat untuk memilih bekerja di Korea Selatan setiap tahunnya semakin meningkat. Menurut BNP2TKI, peminat untuk bekerja di Korea  mencapai 30 ribu-33 ribu orang setiap tahunnya. Tetapi hanya sekitar 6.500 orang saja yang lulus berangkat ke Korea Selatan untuk bekerja sebagai TKI. Hal ini dikarenakan gaji perbulan yang ditawarkan sangatlah tinggi. TKI yang bekerja di Korea Selatan mampu mendapatkan minimal 14 juta rupiah dalam sebulan. Uang menjadi daya tarik utama warga negara Indonesia untuk menjadi TKI di luar negeri. Sulitnya mencari pekerjaan di Indonesia serta gaji yang tidak seberapapun menjadi cerminan  bahwa negara Indonesia memiliki masalah pengangguran dan mata uang yang bias dikatakan rendah dibandingkan dengan negara-negara berkembang yang lain.

baca ; CITA-CITA ATAU MIMPI

Banyaknya TKI yang bekerja di Korea Selatan membuka peluang bisnis bagi pebisnis Korea dan pebisnis Indonesia untuk membuat usaha baru yang melibatkan para TKI. Salah satu bisnis yang sedang dilakukan oleh kedua belah negara adalah bisnis Joint Venture - Bank. Joint Venture adalah salah satu motode bisnis dalam mengembangkan perusahaan agar bisa tembus keluar negeri. Sama halnya dengan export, franchising, dan alliances ketiga hal ini juga termasuk metode mengembangkan bisnis ke luar negeri. Sederhananya Joint Venture bisa diartikan menyetor modal bersama untuk menciptakan perusahaan baru sesuai dengan waktu yang telah ditentukan sebelumnya, atau akan berakhir ketika tujuan bersama telah tercapai. Berbeda dengan CV atau Firma, CV atau firma mempunyai periode waktu bisnis lebih lama daripada Joint Venture.

Bank Woori Korea
Joint Venture – Bank yang sedang dilakukan oleh kedua belah negara. PT Bank Himpunan Saudara 1906 Tbk (Bank Saudara) berganti nama menjadi PT Bank Woori Saudara Indonesia setelah merger dengan Bank Woori Indonesia pada tanggal 30 Desember 2014. Bank Woori Indonesia adalah hasil Joint Venture – Bank yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Woori Bank Korea. Salah satu produk Woori Bank Korea yang paling dicari oleh para TKI adalah pengiriman uang dari Korea ke Indonesia dengan biaya kirim 5000 won (kurs 11,4/won)  dipotong di Korea dan 90.000 rupiah dipotong di Indonesia. Berapapun jumlah kirim uangnya, dan kemanapun bank penerima di Indonesia biaya kirim tetap 5000 won. Ditambah lagi apabila memiliki rekening Bank Woori Saudara di Indonesia potongan kirim di Indonesia akan lebih murah yaitu dengan 50.000 rupiah saja, para TKI bisa mengirimkan uang ke Indonesia dengan nyaman, hanya 1-3 hari jam kerja uang sudah bisa di cairkan di Indonesia. Apalagi mulai bulan ini Bank Woori Saudara sudah memiliki akses Internet Banking yang dapat mempermudah para TKI untuk mengirimkan uangnya ke Indonesia tanpa harus datang ke Bank.

baca juga; HATI-HATI MENGIRIMKAN UANG ANDA

2 comments: